You are currently viewing Tips Memakai Hijab Agar Tidak Gerah

Tips Memakai Hijab Agar Tidak Gerah

  • Post author:
  • Post category:Artikel

Tips Memakai Hijab agar Tidak Gerah – Saat ini hijab telah menjadi trend dalam busana muslim di Indonesia. Bahkan tidak hanya di Indonesia melainkan di hampir seluruh negeri yang mayoritas masyarakatnya memeluk Islam. Di negara seperti Indonesia yang mana iklimnya tropis, tentu pengguna hijab punya tantangan tersendiri sebab harus menyesuaikan diri dengan hawa panas saat siang hari. Tulisan berikut ini akan membahas tips memakai hijab agar tidak gerah saat siang hari. 

 

Tips seputar hijab seperti ini tentunya akan banyak membantu mereka yang baru pertama kali memakai hijab. Mungkin bagi mereka yang sudah sejak kecil terbiasa berjilbab, maka hawa gerah tidak menjadi masalah lagi. Tapi bagaimana dengan mereka yang baru belajar untuk berhijab? Tentu ini menjadi tantangan tersendiri. 

 

Meskipun banyak halangannya pasti kita bisa mengatasi kok, sis. Berubah menuju kebaikan pasti ada aja halangannya. Di luar sana pasti masih banyak juga sista-sista yang merasakan hal serupa ketika pertama kali berniat menggunakan hijab. Lalu apa saja halangan dalam berhijab itu?

 

Halangan dalam Berhijab

 

Meniatkan diri untuk memakai jilbab tentu bukanlah sebuah keputusan yang main-main. Ada berbagai hambatan dan konsekuensi yang akan kita terima ketika sudah meniatkan diri memakai kerudung dalam keseharian. 

Kita akan sebutkan beberapa halangan dalam berhijab yang mungkin juga sista rasakan selama ini. Halangan itu antara lain;

  • Adanya cibiran dari lingkungan karena dianggap telat dalam berhijab. 
  • Ada cibiran yang mengatakan bahwa berhijabnya hanya untuk mengikuti trend.
  • Butuh keberanian ketika berniat hijab, ketika kita berada di lingkungan yang mayoritas tidak berhijab. 
  • Bingung menentukan model jilbab yang pas dan nyaman. 
  • Gerah saat memakai jilbab karena belum terbiasa. 

Itu semua merupakan halangan ketika awal-awal meniatkan diri untuk berjilbab. Tapi lama kelamaan semua kendala itu akan hilang dan kita menjadi nyaman untuk berhijab. Lalu bagaimana jika sudah mencoba tapi halangan itu tetap hadir menjadi sebuah gangguan? Tips hijab di bawah ini akan bahas bagaimana tips memantapkan hati untuk berjilbab.

 

Kalau Sudah Niat Mah, Berhijab Itu Gampang dan Nyaman

Sebenarnya kunci ketika memantapkan hati untuk berjilbab adalah niat. Jadi kalau niat kita sudah bulat maka halangan apapun pasti akan berhasil dilewati. 

Kadang banyak orang mencari tentang tips memantapkan hati untuk berjilbab agar tak ada keraguan lagi untuk memulai sebuah perubahan. Namun kadang tips hijab tersebut tidak mempan. 

Ketahuilah sista, bahwa kalau ingin hatimu mantap dalam berjilbab maka carilah niat itu di dalam dirimu sendiri. Yakinkan dirimu bahwa dengan berhijab akan lebih banyak kebaikan yang mampir ke hadapanmu. 

Memang tidak mudah untuk membagi tips memantapkan hati untuk berjilbab karena setiap orang pasti mempunyai motivasi masing-masing ketika berjilbab. Ada yang benar-benar karena ingin berhijrah menuju kebaikan, dan ada yang sekadar mengikuti mode yang ada. 

Meskipun begitu, jangan sampai semua itu menjadi halangan bagi kita untuk menunda berhijab. Bersama-sama kita menjadi kuat, sis. Dan tugas tulisan ini adalah berbagi tips hijab simpel kepadamu agar semua halangan dalam berkerudung dapat kita atasi bersama-sama. 

Tulisan ini akan sedikit membagikan tips memakai hijab agar tidak gerah. 

 

Tips Hijab Anti Gerah

Beberapa tips memakai hijab agar tidak gerah berikut ini mungkin dapat membantumu untuk mengatasi halangan awal ketika memakai kerudung ya sis. Semoga tips ini cocok buat kamu yang sering merasa gerah dan berkeringat ketika berhijab. Yuk kita simak bersama-sama tips seputar hijab berikut ini;

 

  • Mengeringkan Area Rambut Sebelum Memakai Kerudung

Awal mula memakai hijab pasti sering merasakan gerah sehingga ingin melepasnya saja. Tapi tahan dulu, sis. Kalau hijab yang kamu pakai terasa gerah itu bisa saja karena kamu masih belum terbiasa mengeringkatn rambutmu sebelum memakainya.

Rambut yang basah memang menjadi penyebab hawa panas terkurung di dalam kepala yang terbalut jilbab. Hindarilah mengurung panas, karena itu dapat merusak rambut dan bahkan merusak harimu karena hawa gerah. 

Jadi alangkah baik sebelum memakai jilbab kita keringkan dulu rambut. Bisa memakai handuk atau hairdryer ya sis. Beberapa orang juga memilih menggunakan pelapis berupa kain yang menyerap keringat ketika mereka memakai hijab. Ini dapat membantu mengeringkan kepala rambutmu selagi kamu diburu waktu dan tak sempat mengeringkan rambut. 

  • Pilih Jilbab yang Berwarna Terang

Lalu tips hijab berikutnya agar tidak gerah ketika memakainya adalah dengan memakai jilbab berwarna terang. Jilbab warna terang seperti warna putih, coklat muda, krem, kuning, ataupun biru laut itu dapat memantulkan panas sehingga dapat mengurangi pemakainya kegerahan. 

Mungkin di awal kamu tidak terbiasa ketika harus memakai jilbab yang warnanya itu-itu saja. Namun kalau sudah terbiasa, maka kamu akan merasakan nyaman dengan warna tersebut karena tidak memerangkap hawa panas. 

  • Kalau Tidak Kuat Gerah, Pilih Hijab yang Praktis Saja

Salah satu hal yang jarang sista sadari di awal memakai hijab adalah hobi memakai model yang rumit dan penuh motif. Ini bisa menjadi pemicu gerah lho sis.

Mungkin buat mereka yang sudah lama berhijab, tentu tidak menjadi masalah memakai model yang rumit dan penuh motif. Tapi kalau kamu baru belajar berjilbab maka pakailah model yang praktis dan simpel, seperti pashmina atau robbani. 

Jangan khawatir ketika memakai jilbab yang praktis itu akan menurunkan kadar kecantikanmu. Sebab Lina Livia telah menyediakan beragam model jilbab simpel yang membuatmu tetap menawan, dan tentunya tidak menyebabkan kegerahan. 

  • Padukan Hijab dengan Gamis, jangan Pakai Baju yang Ketat

Jadi jilbab itu bukan sekadar penutup kepala ya sis. Hijab adalah penyempurna dari pakaianmu. Maka dari itu ketika kamu memakai jilbab maka pantaskanlah pakaianmu yang lain, semisal dengan memakai model baju yang tak terlalu ketat dan menonjolkan bagian tubuh tertentu. 

Selain untuk menyempurnakan hijab, hal itu juga dapat membantu kita mengurangi kegerahan ketika memakai jilbab. Baju yang ketat kadang memang menjadi pemicu dari kegerahan yang kita rasakan. Oleh karenanya pakailah kombinasi baju yang membuatmu rileks misalnya gamis. 

Dan ketika baju dan hijabmu sudah sempurna maka jangan lupa untuk doa niat berhijab agar apa yang kamu pakai dapat menjadi sumber kebaikanmu. Sebab doa niat berhijab itu juga penting agar ALLAH senantiasa melindungi hambanya yang menginginkan kebaikan. 

  • Pilihlah Hijab yang Lembut, Adem, dan Menyerap Keringat

Tips Memakai hijab agar tidak gerah selanjutnya adalah dengan memilih jilbab yang lembut, adem, dan menyerap keringat. 

Hijab yang lembut membuatmu tetap nyaman meski sedinamis apapun kamu hari itu.Lalu jika kamu memakai jilbab yang adem akan membuatmu tetap nyaman meskipun sepanas apapun hari itu. Ada berbagai jenis jilbab yang adem yang cocok buat kamu untuk belajar berhijab. Hijab adem ini merupakan salah satu koleksi andalan Lina Livia lho sis. Dan yang terpenting adalah jilbab kamu dapat menyerap keringat. Hijab yang ada di pasaran saat ini sudah bagus untuk menyerap keringat. Tapi alangkah bagusnya jika urusan itu sista serahkan pada koleksi kami yang terbukti menjadi jilbab premium dengan kualitas yang tidak abal-abal. 

Nah, itulah kelima tips memakai hijab agar tidak gerah ala Lina Livia. Mungkin sista ingin menambahkan juga buat membantu sesama teman kita yang sering kegerahan ketika memakai jllbab? Boleh dishare di kolom komentar yaaa. Semoga bermanfaat.