cara berpakaian menurut Islam
cara berpakaian menurut Islam

Pahami Cara Berpakaian Menurut Islam Bagi Perempuan

Cara berpakaian menurut Islam bagi perempuan sudah ada dalam Al-Quran. Tujuannya agar umat manusia khususnya perempuan paham untuk menjaga keindahan dalam dirinya dari orang lain yang tidak berhak untuk melihatnya. Cara berpakaian ini ada agar perempuan selalu dalam kemuliaan dan menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, selain itu juga menjadi bentuk ketakwaan terhadap Allah.

Cara berpakaian dalam Islam bagi perempuan memiliki fungsi sebagai penutup aurat. Banyak muslimah yang terkena fitnah hanya karena cara berpakaiannya yang tidak sesuai dengan peraturan Islam. Maka dari itu hendaknya muslimah mengenakan pakaian sesuai dengan yang sudah diatur oleh agama Islam.

Pahami Cara Berpakaian Menurut Islam Bagi Perempuan

Agama Islam tidak mewajibkan umatnya menggunakan pakaian dengan model tertentu. Islam membebaskan perempuan untuk mengenakan pakaian asalkan sesuai dengan aturan Islam. Meskipun demikian Islam tetap memiliki aturan tata cara berpakaian yang sesuai dengan Al-Quran, berikut ini beberapa cara berpakaian dalam Islam bagi perempuan:

1. Memakai Baju Bersih

Cara berpakaian dalam Islam bagi perempuan yang pertama adalah pakaian yang bersih, ini karena kebersihan sebagian dari iman. Pakaian yang bersih akan mencerminkan hati yang bersih pula, selain itu dengan mengenakan pakaian yang bersih kita akan terhindar dari kuman penyebab penyakit. Pakaian yang bersih juga menggambarkan rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan Allah.

2. Menutup Aurat

Sebagaimana telah ada dalam Al-Quran mengenai cara berpakaian menurut Islam, bahwa aurat perempuan adalah seluruh badan kecuali telapak tangan dan wajah. Perintah menutup aurat ini sudah ada sejak Nabi Adam, maka sebagai muslimah di wajibkan untuk menutup aurat.

Hal ini tentu saja penting untuk menjaga muslimah dari perbuatan negatif, dengan berpakaian yang panjang dan mengenakan kerudung yang menutup dada sudah termasuk berpakaian menutup aurat. Namun sebaiknya tidak mengenakan pakaian berlebihan ya agar tetap terlihat sederhana agar tidak menarik perhatian laki-laki.

3. Tidak Tembus Pandang

Pakaian yang tembus pandang tentu saja akan memperlihatkan bentuk tubuh kita. Secara tidak langsung pakaian tembus pandang sama saja dengan tidak menutup aurat, jadi sebaiknya jika ingin membeli pakaian pilih bahan yang baik dan tidak tembus pandang.

Muslimah yang mengenakan pakaian tembus pandang akan di abaikan Allah di hari kiamat, karena sama saja muslimah yang memakai pakaian tembus pandang dengan telanjang.

4. Longgar Tidak Ketat

Sebagai muslim hendaknya kita tidak menggunakan pakaian yang ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh. Karena menutup aurat bukan hanya tentang cara berpakaian menurut Islam, yaitu menutupi bagian tubuh tetapi juga menutupi lekuk tubuh kita. Hal ini penting agar kita tetap terjaga dari pandangan orang jahat yang melakukan perbuatan negatif.

5. Tidak Menyerupai Laki-Laki

Di riwayatkan Ibnu Abbas Ra., “Rasulullah SAW melaknat laki-laki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki”. Dalam hadits ini Rasulallah menjelaskan larangan laki-laki ataupun perempuan yang berpakaian menyerupai lawan jenisnya. Maka dari itu sebelum membeli baju sebaiknya lihat dulu apakah menyerupai pakaian lawan jenis atau tidak, karena hal tersebut di benci Allah.

6. Memakai Baju Dari Bagian Tubuh Sebelah Kanan

Cara berpakaian yang terakhir adalah mendahulukan yang sebelah kanan. Islam mengajarkan hendaknya melakukan sesuatu yang baik mulai dengan mendahulukan dari sebelah kanan, begitu pula dengan berpakaian. Rasulullah selalu berpakaian dengan mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan, karena sesuatu yang mulia hendaknya dengan mendahulukan yang kanan.

Cara berpakaian menurut Islam bagi perempuan tersebut sangat penting untuk Anda ketahui. Linalivia dapat memberikan segala kebutuhan fashion Anda.